Get Gifs at CodemySpace.com

01/06/11

PERKEMBANGAN GEOGRAFI


  Ilmu geografi mengalami perkembangan sejalan dengan pandangan dan pengetahuan manusia tentang bumi yang selalu berubah. Pengelompokan adalah sebagai berikut :

1. Geografi klasik
    Geografi klasik , adalah pemahaman manusia tentang bumi yang didasari oleh mitologi yang pada fase berikutnya manusia mengenalnya dengan  ilmu alam dan ilmu pasti. Pada masa geografi klasik tokoh yang mengembangkan ilmunya adalah : Thales , Heraclides dan Parminides.


2. Geografi Abad Pertengahan dan Renaissance
Pada masa ini geografi sudah tampak sebagai ilmu bumi yang mempelajari fenomena alam dab fenomena social budaya. Tokoh geografi abad ini adalah Bemhardus Veranius

3. Geografi Modern
Pada periode ini geografi berkembang lebih jauh dengan diletakkannya dasar pengetahuan empiris pada geografi melalui prosedur induktif dengan melakukan observasi dan penjelajahan dalam menyusun hukum-hukum umum pada studi geografi. Tokoh pada masa geografi modern : Alexander Van Humboldt dan Karl Ritter.

4. Geografi akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20
Perkembangan pada masa ini ditandai oleh aliran fisis determinisme, possibilisme dan cultural determinisme. Tokohnya: Frederick, E Huntington, Vidal de la blache, dan Jean Brunches.

5. Geografi Mutakhir
Orientasi kajian geografi mutakhir pada masalah interaksi manusia dengan lingkungannya.