Get Gifs at CodemySpace.com

01/06/11

PENGERTIA GEOGRAFI

Secara harfiah, geografi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata Geo yang artinya bumi, dan Graphien yang artinya gambaran( penjelasan ).Penjelasan itu meliputi tempat lingkungan manusia hidup.
Sejalan dengan perkembangan zaman Geografi kemudian dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan,karena geografi tidak sekedar memberikan gambaran atau deskripsi tentang bumi saja tetapi juga menyangkut aspek fisik dan kehidupan manusia (sosial)

Beberapa definisi geografi dapat dicontohkan sebagai berikut :
1.      JAMES
Geografi adalah ilmu yang melihat keteraturan gejala- gejala alam sehingga memberikan karakteristik suatu tempat. Selanjutnya ia menyatakan bahwa geografi menyangkut kegiatan yang berhubungan dengan usaha untuk melihat persamaan dan perbedaan suatu tempat dengan tempat lain.
2.      BARLOW
Geografi adalah ilmu yang mempelajari proses- proses yang berhubungan dengan lingkungan dan gejala- gejala serta pola- pola terkait yang dibahas.
3.      I MADE SANDY
Geografi adalh ilmu yang mempelajari/mengkaji tentang bumi dan segal sesuatu yang ada di atasnya, seperti penduduk, fauna, flora, iklim, udara dan segala interaksinya.
4.      BINTARTO
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menceritakan dan menerangkan sifat bumi, menganalisis gejala alam dan penduduk; mempelajari corak yang khas dalam kehidupan dan berusaha mencari fungsi unsur- unsur bumi dalam ruang dan waktu.
5.      HASIL SEMINAR DAN LOKAKARYA IGI (Ikatan Geografi Indonesia ) Semarang 1988
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan geosfer dan interakasi antara manusia dalam lingkungannya dengan sudut pandang kelingkungan dalam konteks keruangan dan kewilayahan.